Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah

Latar Belakang Berdirinya Dinasti Abbasiyah

Assalamualaikum, Smart Junior! Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Amin. Kali ini saya akan membahas latar belakang berdirinya Dinasti Abbasiyah. Masih ingatkah kalian apa itu dinasti?

Menurut KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia), diniasti berarti raja-raja yang memerintah sedangkan Abbasiyah adalah keluarga keturunan Abbas bin Abdul Mutholib, paman nabi Muhammad SAW. Jadi, Dinasti Abbasiyah adalah raja-raja yang berkuasa dari keturunan Abbas paman Nabi Muhammad SAW.

Smart Junior! Dinasti Abbasiyah merupakan penerus kepemimpinan Dinasti Umayyah. Dinasti Umayyah yang kurang lebih berkuasa 90 tahun setelah kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada akhirnya mengalami kemunduran diakibatkan beberapa faktor yang ditandai dengan melemahnya figur khalifah, sistem politik dan pemerintahan. Mekanisme pengangkatan khalifah yang ditentukan oleh keturunan menimbulkan terjadinya perebutan kekuasaan dikalangan anggota keluarga Bani Umayyah.


Sekitar tahun 720 M, kebencian terhadap pemerintahan Dinasti Umayyah telah tersebar luas, sehingga muncul 4 kelompok tidak puas yang membentuk kekuatan gabungan dengan koordinasi oleh keturunan Al-Abbas sehingga berpengaruh besar terhadap kehancuran Dinasti Umayyah. Berikut 4 kelompok yang merasa tidak puas terhadap pemerintahan Umayyah, yuk disimak dibawah ini:

 1. Kelompok Mawali (muslim non Arab) yang protes karena kedudukannya dinomorduakan dibawah muslim Arab
2. Kelompok Syiah ( pengikut Ali bin Thalib) dan Khawarij (keluar dari Ali bin Abi Thalib) yang menganggap Dinasti Umayyah sebagai perampas kursi kepemimpinan
3. Kelompok muslim Arab di Mekkah, Madinah dan Irak yang sakit hati atas status istimewa penduduk Syuriah
4. Kelompok muslim sholeh yang memandang Dinasti Umayyah bergaya hidup mewah dan jauh dari syariat Islam

 Smart Junior! Penyebab langsung tergulingnya Dinasti Umayyah karena adanya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan Abbas. Satu per satu kota yang dijadikan pusat kekuatan Dinasti Umayyah mampu ditakhlukkan. kota Damaskus yang merupakan ibu kota Dinasti Umayyah terkepung oleh pasukan Abbas yang dipimpin Abu Muslim Al Khurasani. Untuk mempertahankan diri khalifah terakhir Dinasti Umayyah, Marwan bin Muhammad memerintahakan pasukannya untuk memerangi pasukan Abu Muslim Al Khurasani. Maka, terjadilahpeperangan yang sengit diantara keduanya di Zab Hulu pada tahun 748 M yang membuat pasukan Marwan terdesak.

Melihat keadaan yang tidak menguntungkan kedudukan dan jiwanya, Khalifah Marwan bin Muhammad melarikan diri ke Mesir, sedangkan keluarga dan pendukungnya tertangkap. Namun, pada akhirnya khalifah Marwan terbunuh, sehingga dengan terbunuhnya khalifah terakhir Dinasti Umayyah menandai berdirinya Dinasti Abbasiyah. Dinasti Abbasiyah berdiri pada tahun 750 M hingga 1258 M.

Smart Junior! Demikianlah latar belakang berdirinya Dinasti Abbasiyah. Pemerintahan Dinasti Abbbasiyah berkembang sangat pesat sehingga mampu bertahan hingga 508 tahun serta mampu melahirkan banyak ilmuwan dan para ulama' yang patut kita teladani. Semoga bermanfaat!

 Salam,

You Might Also Like

0 komentar