Sejarah Masuknya Islam Ke Nusantara

Assalamualaikum....
Hi, Smart Junior!
Tidak ada yang tahu persis kapan masuk ya Islam ke Indonesia, namun sebagian besar peneliti berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke- 7 M , ke-11 M dan ke-13 M. Apa saja dasar pendapat tersebut, yuk, simak uraiannya:

1. Manuskrip Cina pada masa Dinasti Tang yang menyebutkan informasi mengenai jalur penyebaran Islam  di Indonesia pada abad ke-7 M atau abad pertama Hijriyah.

2. Ditemukannya makam Fatimah binti Maimun di Leran Manyar Gresik yang batu nisannya bertulisan huruf Arab Riq'ah berangka tahun tahun 1082 M menjadi bukti Islam sudah ada di Indonesia abad ke- 11 M.

3. Catatan perjalanan penjelajah dunia Marcopolo dari Italia dan Ibn Battutah dari Maruko mengatakan Islam ada di indonesia pada abad ke-13 M. Batu nisan pada makam sultan Malik As-Shaleh raja kerajaan samudra pasai tahun 1297 M juga menjadi bukti bahwa Islam telah ada di Indonesia sejak abad ke-13 M.

Smart Junior!
Secara garis besar penyebaran Islam dilakukan secara damai tanpa paksaan, berikut adalah cara penyebaran agama Islam di Indonesia:

1. Perdagangan
Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia tidak lepas dari pera  para pedagang, khususnya para pedagang Arab, Persia, Gujarat dan Tiongkok. Sejak abad ke-7 M sampai ke-16 M mereka datang ke Indonesia untuk bedagang. Para pedagang muslim makin lam makin banyak sehingga membentuk pemukiman yang disebut Pekojan. Dari sinilah mereka berinteraksi dan menyebarkan Islam.

2. Perkawinan
Pedagang muslim yang masuk ke Indonesia banyak yang menikah dengan penduduk pribumi yang belum Islam. Sebelum menikah mereka harus mengucapkan syahadat terlebih dahulu. Sehingga melalui proses inilah penduduk pribumi semakin banyak yang mengenal Islam.

3. Pendidikan
Penyebaran Islam melalui pendidikan dilakukan setelah terbentuknya masyarakat muslim pribumi. Pendidikan dilaksanakan dari masjid, mushola dan rumah. Hingga kemudian mendirikan pondok pesantren. Sehingga peran pondok pesantren turut serta dalam penyebarluasan pengaruh Islan hingga ke seluruh Indonesia.

4. Tasawuf
Tasawuf adalah salah satu ajaran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ajaran ini memudahkan orang yang mempunyai dasar ketuhanan untuk mengerti dan menerima ajaran Islam.

5. Kesenian
Kesenian adalah salah satu unsur kebudayaan, sehingga kesenian juga mengambil peran penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

Smart Junior!
Inilah bukti dan sejarah masuknya Islam ke Indonesia, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam memahami sejarah masuknya Islam di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Salam,

You Might Also Like

0 komentar