Kondisi Masyarakat Arab Sebelum Islam

Assalamualikum...
Sahabat Roisya's Blog!

Kali ini saya akan membahas kondisi masyarakat Arab sebelum Islam datang. Jazirah Arab terletak di bagian Barat Daya Benua Asia. bangsa Arab adalah salah satu bangsa tertua di dunia. sebagian ahli sejarah mengatakan Jazirah adalah semenanjung sedangkan Arab adalah padang pasir jadi Jazirah arab adalah semenanjung yang penuh dengan padang pasir. Sebelum mempelajari bagimana Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rosul hingga menyebarkan agama Islam alangkah baiknya kita pelajari dulu bagaimana kondisi masyarakat Arab sebelum Islam datang.

Berikut adalah kondisi masyarakat Arab sebelum Islam dari kepercayaan, kondisi sosial hingga kondisi ekonomi. Yuk, simak uraian di bawah ini:

1. Kepercayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam
a. Menyembah Berhala (patung)
Masyarakat Arab menyembah berhala berawal sari Amir bin Lubai seorang pembesar dari suku Khuza'ah yang pergi ke Syam (syiria). Dia melihat penduduk kota syam sedang menyembah berhala. Kemudian ia praktekkan di kota Mekkah. Ia membawa berhala besar yang dinamai Hubal yang diletakkan di Ka'bah sebagai peminpin berhala lainnya seperti Latta, Uzza dan Manna. Sejak itulah masyarakat Arab menyembah berhala sehingga ada 360 berhala yang mengelilingi ka'bah.
b. Menyembah Malikat
c. Menyembah Jin dan Ruh Leluhur
Sebagian masyarakat Arab menyembah jin, hantu dan ruh leluhur mereka. Mereka biasa memberikan sesajian berupa kurban binatang agar terhindar dari marabahaya dan bencana.
e. Percaya terhadap Tahayul
Masyarakat Arab sebelum Islam juga percaya terhadap tahayul diantaranya adalah mereka biasa mengenakan cincin dari tembaga atau besi yang dipercaya dapat menambah kekuatan.

2. Kondisi Sosial dan Moral Masyarakat Arab Sebelum Islam
a. Suka mabuk-mabukan
b. Berjudi
c. Berzina
d. Merampok
e. Kaum wanita menempati kedudukan terendah
f. Bayi perempuan dikubur hidup-hidup
g. Perbudakan

3. Kondisi Ekonomi Masyarakat Arab Sebelum Islam
Bangsa Arab memiliki mata pencaharian dalam bidang perdagangan, pertanian dan peternakan.

Demikianlah kondisi masyarakat Arab sebelum Islam datang. Nabi Muhammad SAW datang membawa cahaya menyebarkan agama Islam sebagai agama yang Rahmatan lil Alamin, sehingga kepercayaan dan kebiasaan buruk masyarakat Arab pun berubah.

Salam,

You Might Also Like

0 komentar