3 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Wanita Saat Haidl, Wanita Muslimah Wajib Tahu

Dears, sudah menjadi fitrahnya jika seorang wanita pasti mengalami haidl. Tidak banyak wanita tahu betapa pentingnya mempelajari ilmu haidl, sehingga masih banyak wanita yang melakukan kesalahan yang menyebabkan ia meninggalkan kewajiban sholat. Dears inilah 3 kesalahan yang sering dilakukan wanita saat haidl, biar paham kita ulas satu persatu yuk!

www.pinterest.com

Menunda Nunda Waktu Mandi Besar

Dears, jika darah haidl sudah berhenti maka segera mungkin kita harus melakukan mandi wajib. Meskipun darah haidl itu berhenti ditengah malam yang dingin, kita juga harus mandi seketika itu. Karena saat darah haidl berhenti maka kita pun kembali diwajibkan untuk melakukan sholat. Lantas bagaimana dears jika kita menunda nunda mandi wajib, maka kita pun bisa meninggalkan kewajiban sholat. Sebagai contoh darah haidl terhenti pukul 13.00 artinya waktu sholat dhuhur masih ada, namun kamu menunda mandi wajib hingga pukul 16.00. Jadi tanpa disadari karena kamu menunda waktu mandi wajib, kamu telah meninggalkan kewajiban sholat dhuhur.

Tidak meknqadla sholat yang ditinggalkan

Dears inilah mengapa sholat diawal waktu merupakan suatu keutamaan. Kesalahan yang satu ini sering dilakukan seorang wanita. Biar jelas langsung kita ambil contoh, misalnya seorang wanita tidak segera melakukan kewajiban sholat ashar, kemudian pukul 16.30 keluarlah darah haidl yang menyebabkan tidak diperbolehkannya melakukan sholat. Maka nanti saat sudah suci dari haidl kamu harus mengqadla sholat ashar yang sudah ditinggalkan tadi. Kesalah ini sering diabaikan oleh para wanita, sehingga ia tanpa di sadari telah meninggalkan sholat wajib.

Tidak menqadla puasa

Dears wanita haidl tidak diwajibkan melakukan puasa wajib, namun juga harus menqadla atau menggantinya dilain hari. Adapun batas menqadlanya yaitu tidak sampai menemui puasa ramadhan berikutnya. Karena bagi kamu yang masih belum menqadla puasa hingga ramadhan berikutnya maka kamu akan dikenakan kafarat. 


Itulah 3 kesalahan sering dilakukan wanita haidl. Semoga kita terhindar dari kesalahan yang membawa kepada dosa karena telah meninggalkan sholat dan puasa wajib. Semoga bermanfaat!


*Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama Estrilook.com dan Estrilook Community
#Fiqih Wanita

You Might Also Like

0 komentar