Sering Merutuk Diri Karena Kesalahan Masa Lalu? Ini Tipsnya Biar Kamu Tetap Survive!


Teman, setiap manusia pasti mempunyai jalan cerita yang berbeda-beda. Adakalanya manusia ditaqdirkan mempunyai jalan cerita yang sangat baik sehingga jalan hidupnya selalu berjalan sempurna tanpa kesalahan. Namun adakalanya manusia juga diuji, sehingga jatuh dalam lubang kesalahan sehingga merasa menjadi manusia paling tidak beruntung karena pernah melakukan kesalahan.

Kesalahan di masa lalu terkadang mengusik dan menghentikan langkah kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Dan tak jarang kita merutuk diri dan menyalahkan diri sendiri sehingga tak ingin melanjutkan kehidupan yang lebih baik. Lalu bagaimana agar kita tetap survive meski kesalahan masa lalu menghantui dan menghentikan langkah kita untuk memperbaiki diri. Berikut ulasannya:

Allah Maha Pengampun
Agar tidak lagi merutuk diri akan kesalahan masa lalu. Kita harus yakin bahwa Allah maha pengampun. Seburuk apapun kesalahan kita dan sebesar apapun kesalahan yang telah kita perbuat dan meskipun tak ada manusia yang bisa memaafkan kesalahanmu, percayalah bahwa Allah maha pengampun.

Membesarkan Hati
Terus-menerus merutuk diri dan berkecil hati atas kesalahan masa lalu hanya akan membuat kita tidak bersemangat untuk melanjutkan hidup. Menerima kesalahan apa yang sudah terjadi di masa lalu akan meringankan beban didalam hati sehingga kita tak mudah merutuk diri. Untuk itu besarkanlah hatimu, tanamkan dalam jiwamu bahwa hidup ini tetap berjalan dan kita harus tetap melanjutkan hidup.

Berpikir Positif
Teman, jadikanlah kesalahan masa lalu sebagai alat tempa untuk hidup lebih baik. Selalu ada hikmah yang bisa di ambil dalam setiap kesalahan yang kita lakukan. Dengan selalu berpikir positif, hidup akan menjadi lebih bersemangat.

Mendekatkan Diri kepada Allah
Merutuk diri hanya akan membuat kita semakin jauh dengan sang Pencipta. Tingkatkan ibadah sehingga kita lebih dekat dengan Allah. Hanya Allah yang mampu memahami isi hati kita dan mampu menenangkan batin kita. Serahkan seluruh hidupmu hanya untuk-Nya, maka hidupmu akan menjadi lebih baik.

Itulah beberapa tips buat kamu yang sering merutuk diri karena kesalahan masa lalu. Ingat hidup ini hanya sekali, jadi habiskan hidup ini dengan hal yang baik. Semoga Bermanfaat!
#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day23


You Might Also Like

0 komentar