4 Sifat yang harus dijauhi Bagi Pecinta Dan Pencari Ilmu



Teman, manusia hidup di dunia selalu membutuhkan ilmu dan pengetahuan baru sebagai bekal kehidupan dunia dan akhirat. Untuk itu hukum mencari ilmu adalah wajib bagi kita. Seorang penuntut ilmu seharusnya senantiasa memperbaiki diri dan menjaga adab mencari ilmu agar keberkahan dan kemanfaatan ilmu tetap terjaga. Ketidakpahaman tentang adab mencari ilmu terkadang membuat kita sering melakukan kesalahan. Berikut kami bahas beberapa sifat pencari ilmu yang harusnya di jauhi, simak ulasannya:

Dengki
Dengki adalah sifat tidak senang dan benci terhadap nikmat yang datang kepada orang lain. Kesalahan ini sering dilakukan oleh para pelajar jika melihat teman sesama pencari ilmu lebih berhasil dibandingkan kita. Jangan pernah melakukan kesalahan ini ya Dears, jika tak ingin keberkahan ilmu kita hilang begitu saja. Yakinkan bahwa setiap manusia mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Untuk itu jadikanlah keberhasilan seorang teman sebagai motivasi agar kita lebih semangat lagi dalam mencari ilmu.

Sombong
Ini dia sifat yang sering muncul ke permukaan saat kita mampu dan mendapatkan ilmu yang lebih dibandingkan dari teman kita. Pencari ilmu yang sombang biasanya merasa paling pintar sendiri dan enggan membantu teman yang sedang kesulitan memahami sebuah ilmu. Jika ia mempunyai ilmu baru, ia menyembunyikan dan enggan menyampaikan kepada temannya. Termasuk sikap sombong dalam hal ini adalah membantah orang yang mengajarkan ilmu serta menganggap rendah orang yang mencari ilmu darinya. Jauhi sifat ini ya Dears jika kamu mengingankan bertambah dan bermanfaatnya ilmu.

Malas
Hendaknya pencari ilmu menjauhi sikap malas, enggan, lamban dan tidak besemangat. Sebagai penuntut ilmu hendaknya kita senantiasa membuang rasa malas dan selalu bersemangat untuk menambah pengetahuan dan ilmu baru.

Menyiakan waktu
Seorang ulama’ mengatakan waktu adalah pedang, jika kita tidak berhati-hati maka pedang itulah yang akan menebas kita. Penuntut ilmu harus selalu menjaga waktu, jangan sampai kita menyiakan-nyiakan waktu yang ada dengan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat. Jangan sampai kita menyesal karena telah menyiakan waktu belajar, sehingga hanya kerugian yang kita dapatkan.

Itulah 4 sifat yang harus dijauhi oleh pencari ilmu. Seorang pecinta ilmu harusnya selalu menjaga dan berhati-hati jangan sampai kita jatuh kepada 4 sifat tersebut. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat tersebut sehingga kita menadapatkan kemanfaatan dan keberkahan ilmu.
#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day30


You Might Also Like

0 komentar