Terapkan 3 Hal Ini Di Rumah, Agar Si Kecil Selalu Sehat

Dears, mempunyai balita yang selalu sehat merupakan harapan para orang tua. Lingkungan pun juga berpengaruh besar terhadap kesehatan si kecil. Maka sudah seharusnya jika ingin si kecil selalu tumbuh sehat maka hidup sehat pun harus dimulai dari rumah dan orangtua. Ada beberapa hal yang harus diterapkan di dalam rumah agar si kecil selalu sehat. Berikut ulasannya.


Menjaga Kebersihan

Sehat berawal dari seberapa besar kita bisa menjaga kebersihan. Untuk menjaga kesehatan si kecil maka  bisa kita mulai dari menjaga kebersihan lingkungan yaitu rumah untuk mengurangi bibit kuman yang menyebabkan penyakit. Kemudian yang kedua adalah menjaga kebersihan diri. Si kecil yang masih suka bereksplorasi dengan hal baru, terkadang ia betah bermain kotor-kotoran sehingga mudah terserang penyakit akibat kuman. Maka tugas kita adalah mengajarkan untuk membiasakan cuci tangan sebelum makan, setelah bermain dan setelah buang air kecil dan besar.

Menjaga Makanan

Makanan pun cukup berpengaruh terhadap kesehatan. Agar si kecil suka makanan sehat seperti  sayur dan buah maka harus diawali dari orangtua. Orangtua harus terlebih dulu menerapkan mengkonsumsi sayur agar si kecil pun terbiasa makan sayur seperti halnya yang dilakukan orangtuanya. Seorang bunda pun juga seharusnya bijak memilih makanan kaya nutrisi untuk si kecil. Jangan karena sibuk, maka bunda malas memasak sehingga hanya bisa menghidangkan makanan serba instan seperti bubur instan atau mie instan yang kurang bagus untuk kebutuhan nutrisi si kecil.

Olahraga

Agar tubuh sehat bugar maka yang harus dilakukan adalah rutin olahraga. Kita bisa melakukan gerakan-gerakan kecil seperti jalan kaki, lari kecil dan melompat sehingga si kecil mampu mengikuti dan tanpa disadari si kecil telah melakukan olahraga. Perlu diketahui bahwa olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil sehingga tidak mudah terserang penyakit. Olahraga juga bisa menambah nafsu makan si kecil serta meningkatkan daya pikirnya.

Itulah 3 hal mudah yang bisa diterapkan di rumah agar si kecil selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Jadilah teladan yang baik untuk si kecil, maka agar si kecil selalu sehat maka hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri. 


*Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis bersama Estrilook.com dan Estrilook Community
#Kesehatan Anak

You Might Also Like

0 komentar