Adab Makan yang Diajarkan Rasulullah SAW



Begitu indahnya agama Islam, agama yang mengatur urusan manusia dari hal sepele hingga urusan yang besar. Segala sesuatunya sudah diatur di dalam al-Qur’an dan al-Hadits dari urusan ibadah hingga muamalah. Rasulullah pun juga telah mengajarkan semuanya kepada kita, dari bagaimana cara sholat, memberi salam, bersikap kepada orang tua dan sebagainya. Begitupun urusan makan dan tata caranya sudah diajarkan oleh beliau. Inilah adab makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

Membaca Basmallah
Seorang muslim hendaknya membaca basmalah sebelum memulai makan. Dari Aisyah Radhiayallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia membaca basmallah pada permulaannya. Dan apabila dia lupa hendaknya dia membaca ‘Bismillahi ‘alaa awwalihi wa akhirihi’. Membaca Basmallah sebelum makan sangatlah dianjurkan sebab makanan yang dimakan tanpa basmallah akan menjadi makanan setan. Dan kalau kita lupa membaca basmallah hendaknya membaca ‘Bismillahi awwalihu wa akhirihu’ agar setan yang tadi ikut memakan makanan tanpa sebutan asma Allah memuntahkan isi perutnya.

Makan dengan Tangan Kanan
Cara makan yang baik adalah dengan menggunakan tangan kanan, jangan sampai keadaan lapar membuat kita lupa sehingga menggunakan tangan kiri untuk makan. Sebagaimana Hadits Rasulullah:”Bacalah Nama Allah, makanlah dengan tangan Kananmu dan makanlah makanan yang ada didekatmu.”

Makanlah yang Ada di Dekatmu
Berdasarkan hadits yang disebutkan di atas kita juga dianjurkan untuk memakan makanan yang ada didekat kita. Saat kita makan secara bersama-sama dengan orang lain dengan hidangan yang beraneka ragam. Maka hendaklah memilih makanan yang lebih dekat dengan kita meskipun kita sangat menginginkan menu makanan yang ada di tempat yang jauh dari kita.

Tidak Meniup Makanan Panas
Dari Ibnu Abbas Radhiayallahu Anhu bahwa Nabi SAW melarang bernafas atau meniup ke dalam minuman. (H.R Tirmidzi menurutnya ini hadits hasan). Berdasarkan hadits di atas kita juga dianjurkan untuk tidak meniup makanan yang panas. Dan hendaknya kita bersabar hingga makanan itu dingin.

Memakan Makanan dari Pinggir Piring
Dari Ibnu Abbas Radhiayallahu Anhu bahwa Nabi SAW pernah bersabda:”Berkah itu turun pada bagian tengah makanan, karenanya makanlah dari tepi wadah makanan tersebut dan jangan mengambil dari tengahnya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
Berdasarkan hadits diatas hendaklah kita memakan makanan dari tepi piring sehingga berkahlah yang didapatkan.

Membaca Hamdalah
Dari Muadz bin Anas Radhiayallahu Anhu bahwa Nabi SAW telah bersabda:”Barangsiapa makan dan mengucapkan: segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepadaku tanpa daya dan upaya dan tanpa kekutan apapun dariku maka akan diberikan ampunan baginya atas dosa-dosa yang berlalu.

Itulah beberapa adab makan yang diajarkan Rasulullah SAW. Kita sebagai umatnya seharusnya dan senantiasa melakukan segala aktivitas berdasarkan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga dengan senantiasa mengikuti sunnah Rasulullah, kita mendapat syafaatnya kelak di hari akhir. Semoga bermanfaat.
#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day26


You Might Also Like

0 komentar