Untuk Jiwamu yang Mulai Lelah, Bertahanlah!



Teman, pernahkah kamu merasa sangat lelah dengan kehidupanmu? Merasa menjadi manusia paling tidak beruntung karena kesulitan hidup. Hidup memang keras, berbagai hantaman sering mencoba melemahkan jiwa kita. Namun kita harus menyadari, bahwa setiap manusia itu wajar dan pasti akan merasakan lelah. Lelah dengan berbagai ujian, lelah menahan rasa sakit, lelah dengan banyaknya masalah hidup sehingga tak jarang semua itu membuat kita semakin lemah dan ingin berhenti begitu saja.

Teman, hidup ini adalah rentetan jadwal yang sudah ditentukan oleh sang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya berhak menjalaninya. Semua punya jadwal sendiri yang harus dijalani. Berhentilah mengeluh meski deraan sakit dan pedihnya ujian membuatmu lelah dan ingin mengakhiri semua. Yakinkan dalam jiwamu bahwa ini semua hanya sebentar, dan kemudian akan segera berlalu.

Pandanglah ke bawah, ada banyak manusia yang mungkin nasibnya kurang beruntung dibandingkan kita. Apapun yang sedang kita hadapi, selipkanlah rasa syukur. Katakan pada hatimu bahwa disetiap masalah yang datang selalu ada kata kita masih lebih beruntung dan ini hanya harus dijalani begitu saja. Percayalah kamu tidak sendiri, ada jutaan manusia yang juga sama menjalani rentetan jadwal yang mungkin tak pernah mereka bayangkan dan inginkan. Bahkan aku pun sama, aku juga manusia yang sering merasa lelah dengan himpitan masalah yang selalu membutku bersedih dan ingin menyerah. Namun, dengan bersedih atau tidak, hidup ini akan tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan untukku. Memilih untuk tidak bersedih dan ikhlas menjalani akan membuat kita bertahan lebih lama.

Teman, mungkin kamu juga akan merasa bahwa tak ada satupun manusia yang memahami dirimu, bahkan merasa menjadi manusia tidak beruntung dengan segudang masalah yang datang secara bertubi-tubi. Serahkanlah segala urusan hanya Kepada-Nya, Tuhan Pemberi Kekuatan. Yakinlah bahwa tuhan akan mendekapmu erat dengan kasih sayangnya dan hanya Allah lah yang mampu menghapus rasa lelah dalam jiwamu.

Ikhlaskan semua yang telah terjadi padamu. Terus-terus menghujat dan mengeluh hanya akan membuat hidup semakin sulit dan tidak menemukan solusi yang tepat. Bangkitlah dan berusahalah untuk menyelesaikan masalah dengan mencari solusi yang terbaik. Hadirkan Allah selalu dalam setiap langkahmu, maka lelah jiwamu akan terganti dengan semangat hidup yang luar biasa.
#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day29


You Might Also Like

0 komentar