5 alasan kenapa menulis itu menjadi aktivitas yang menyenangkan


Menulis bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Agar aktivitas menulis dilakukan sepenuh hati maka kita pun perlu menjaga perasaan agar kita selalu senang melakukannya. Sehingga kita pun konsisten dan tidak setengah-setengah menjalaninya. Berikut alasan-alasan kenapa menulis itu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Simak ulasannya ya dears:

1.      Menulis itu memperkuat daya ingat
Coba deh, apa yang terjadi ketika kamu mempunyai ide cemerlang dan hanya dikatakan tanpa pernah ditulis? Bedakan sendiri ketika kamu menuangkan ide dan pikiranmu tanpa pernah menulisnya, maka tidak akan lama ide itu akan hilang. Pernahkah kamu berbelanja di pasar dengan deretan daftar belanjaan? Bandingkan ketika kamu berbelanja tanpa daftar belanjaan, pasti ada saja barang yang lupa untuk dibeli. Maka dari itu ketika segala sesuatu itu dituliskan maka akan sangat mudah sekali mengingatnya.

2.      Menulis itu mencerdaskan
Ketika seseorang menulis pasti akan merasa perlu membaca banyak materi dan refrensi yang berhubungan dengan apa yang akan ditulis, Karena tulisan yang ditulis berdasarkan banyak refrensi akan membuat tulisan itu semakin dipercaya oleh pembacanya. Dari proses seringnya membaca refrensi itulah, penulis akan terus mendapatkan ilmu dan wawasan baru. Maka tak heran kalau menulis itu mencerdaskan.

3.      Menulis itu menyembuhkan
Dears, setiap orang pasti pernah merasa kecewa, sedih dan marah? Ketika seseorang menuangkan dan mengungkapkan segala kesedihannya melalui tulisan. Maka dia sedang melakukan penyembuhan terhadap rasa sedihnya. Kalau menulis itu tidak menyembuhkan rasa sedih, kecewa dan semacamnya, aku yakin tidak banyak orang yang akan menulis buku diary dan status.

4.      Menulis itu mengabadikan
Seperti kata  Pramoedya Ananta Toer “ Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Jadi, sayang sekali ketika sebuah pemikiran dan pengalaman hidup hilang begitu saja tanpa ditulis. Apalagi kalau buat yang nggak suka foto seperti aku, pasti lebih suka mengabadikan setiap peristiwa dengan tulisan berharap kelak tulisan kita bisa dibaca dan diambil hikmahnya oleh anak cucu kita.

5.      Menulis itu mengasah kreativitas
Dengan menulis, kreativitas kita  akan terus terasah karena kita harus terus menerus menggali ide-ide baru dalam diri kita untuk menciptakan tulisan yang baru.

Itulah 5 alasan kenapa menulis itu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Semoga bermanfaat!

#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day2

You Might Also Like

0 komentar