Weekend Asyik dengan Berkebun


Weekend adalah waktu yang tepat untuk melepas kepenatan setelah seminggu bekerja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk me-refresh otak dan tubuh setelah di tempa oleh pekerjaan. Menghabiskan akhir pekan pun tidak harus selalu pergi ke tempat wiasata atau ke taman hiburan. Suami yang tidak begitu suka jalan-jalan ke luar lebih suka menghabiskan weekend  bersama keluarga di rumah. Baginya menghabiskan weekend di rumah lebih menyenangkan, karena tidak perlu melakukan perjalan yang akhirnya membuat tubuh semakin lelah. Alih-alih ingin istirahat dari pekerjaan gagal karena perjalanan jauh untuk berwisata. Untuk itu suami punya cara sendiri menghabiskan weekend bersama keluarga, salah satunya adalah dengan berkebun.


Suami yang hobi menanam bunga di depan rumah membuat aku ikut-ikutan belajar perihal soal tanaman. Aku yang memang tak pernah tahu bagaimana cara menanam tanaman yang baik dan benar, media apa yang digunakan untuk menanam dan tumbuhan apa saja yang cocok di tanam di depan rumah membuat aku belajar lebih banyak kepada suami.



Suami lebih suka menanam bunga dan merawatnya. Sudah cukup banyak bunga yang di tanam suami seperti bunga kamboja, bunga matahari, aglonema dan lain-lain (maklum aku belum hafal betul dengan nama-nama bunga yang di tanam suami). Aku pun fokus dengan menanam tanaman yang bisa di manfaatkan di dapur. Cukup menyiapkan polybag, tanah yang sudah dicampur pupuk kompos dan beberapa bibit aku sudah bisa menanam kemangi, seledri, daun bawang, bawang merah, tomat, terong, cabai dan menanam buah strawberry. Aku juga selalu melibatkan si kecil adam dalam perawatan tanaman.

Awalnya bapak yang suka menanam buah strawberry sebagai hiburan di waktu senggang beliau. Adam yang selalu memetik buahnya saat bermain ke rumah kakeknya membuat ia menyukai buah tersebut. Akhirnya dengan membawa bibit strawberry dari bapak aku menanamnya di rumah. Adam yang suka dengan rasa buah berwarna merah itu mendorongku untuk membudidayakan strawberry di rumah. Alhamdulillah sekarang  bibit strawberry  sudah menjadi banyak dan sudah mulai berbuah. adam senang banget saat melihat strawberrynya berbuah, secara selama ini dia juga yang ikut merawatnya. Tidak hanya strawberry, di depan rumah pun juga ada pohon murbei atau besaran.



Selain menyenangkan, berkebun pun juga mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah:
1. Mengajarkan kepada anak untuk mencintai alam dan lingkungan
2. Mengenalkan kepada anak tentang aneka jenis tanaman 
3. Mengajarkan proses pertumbuhan tanaman kepada anak
4. Meningkatkan kebersamaan dan keakraban keluarga
5. Menghilangkan stress
6. Meningkatkan kesehatan mata
7. Meningkatkan kesehatan fisik

Dears, berkebun bisa menjadi aternatif pilihan liburan di akhir pekan, selain manfaatnya yang banyak. Berkebun juga mengajarkan kepada kita bahwa kita akan menuai apa yang kita tanam, kita sendiri akan menikmati hasil yang kita tanam. Siapapun yang mau berusaha pasti dia yang akan menuai hasil usahanya. Selamat mencoba!
#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day6


You Might Also Like

0 komentar