5 Pelajaran yang Bisa Kita dapatkan di Madrasah Pernikahan


Dears, mencari ilmu atau belajar itu wajib bagi setiap manusia. Selama kita masih bisa menikmati setiap hembusan nafas kita selama itu pula kita harus terus belajar dan menuntut ilmu. Seperti halnya sabda Rosulullah SAW: “ Carilah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat”. Belajar memang tidak seharusnya selalu dibatasi oleh bangku sekolah. Belajar tidaklah mengenal tempat dan waktu bahkan siapapun bisa jadi guru kita, termasuk orang terdekat kita.

Pernikahan bukanlah akhir dari pencapaian setelah kita bertahun-tahun menghabiskan waktu belajar di sekolah dan kampus. Justru dengan menikah, kita  akan masuk ke Madrasah pernikahan dan tentunya banyak hal yang akan kita pelajari disana. Lantas apa saja yang bisa kita pelajari di Madrasah Pernikahan:


Sumber Foto: www.pexels.com


1.      Belajar Menerima Kekurangan Pasangan
Kehidupan sebelum dan sesudah menikah sangatlah berbeda. Jika sebelum menikah hanyalah kebiasaan baik yang terlihat dari pasangan kita, justru setelah menikah dan tinggal bersama pasangan, sikap asli dan kebiasaan-kebiasaan buruk pasangan akan mulai terlihat. Tidak mudah memang menerima kekurangan pasangan, namun dengan selalu mengingat kelebihan-kelebihan pasangan,  kekurangan pasangan pun lambat laun akan bisa kita terima dengan mudah

2.      Belajar Mandiri
Saat kebutuhan kehidupan sebelum menikah ditanggung oleh orang tua dan dimanjakan oleh berbagai fasilitas dari orang tua. Maka di Madrasah Pernikahan bersiaplah  untuk hidup lebih mandiri. Karena segala kebutuhan akan kita tanggung bersama pasangan tanpa melibatkan campur tangan orang tua.

3.      Menghargai Perbedaan
Perbedaan pandangan dan cara berpikir adalah wajar dan akan sering terjadi setelah pernikahan, karena setiap manusia punya jalan dan cara pikirnya sendiri. Untuk itu melalui Madrasah Pernikahan kita akan banyak belajar untuk menghargai perbedaan pasangan kita.

4.      Belajar Berkomunikasi dengan Baik
Komunikasi adalah kuci kesuksesan sebuah hubungan. Setiap masalah dan uneg-uneg jika dikomunikasikan dengan baik maka akan berdampak baik pula kepada hubungan kita. Komunikasi tidak hanya soal berbicara. Namun komunikasi pun juga soal bahasa tubuh. Jangan sampai kita menunjukkan bahasa tubuh yang kurang baik kepada pasangan kita.

5.      Belajar Mengalahkan Ego
Dalam pernikahan, kita pasti akan menemui banyak masalah dengan pasangan kita. Masalah bisa saja datang dari suami atau istri. Namun apapun masalahnya, kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa berhenti berbuat salah kepada pasangan kita. Untuk itu dengan selalu belajar mengalahkan ego sendiri, kita telah berusaha menyelesaikan masalah dengan pasangan.

Itulah sedikit pelajaran yang bisa kita pelajari di Madrasah Pernikahan. Akan banyak hal lagi yang sebenarnya bisa kita pelajari di Madrasah Pernikahan. Untuk itu, jangan pernah berhenti belajar. Semoga Bermanfaat!
#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day4


You Might Also Like

0 komentar