Berkomitmenlah untuk Perbaikan Diri di Tahun 2019


Komitmen adalah upaya berjanji kepada diri sendiri untuk melakukan suatu tujuan yang baik. Tahun baru sering dikaitkan dengan deretan impian-impian baru setahun ke depan. Bermimpi saja mudah yang sulit adalah berkomitmen untuk mewujudkannya. Aku yang tak pernah berkomitmen mewujudkan impian membuat hidupku serasa hampa dan kurang menantang. Padahal komitmen itu perlu untuk perbaikan diri, jangan sampai hidup kita hanya begitu-begitu saja. Untuk itu aku pun perlu melakukan komitmen di setiap mimpi yang harus aku capai.

Hari ini hari pertama aku mengikuti tantangan ODOP (one day one post) yang diselenggarakan oleh Estrilook Community. Dari awal aku sudah gabung WA grupnya estrilook, belajar menulis bersama Estrilook Community yang foundernya temanku sendiri waktu di pesantren.  Ning Muyas aku memanggilnya, teman yang selalu bikin aku iri akan semangat dan kegigihannya dan sekarang menjadi sosok inspiratif bagiku.

Sumber Foto: WAG Estrilok Community

Saat tantangan pertama menulis artikel di adakan, aku antusias sekali mengikutinya, meski sering terkendala dengan jaringan internet (maklum tinggalnya dipelosok desa). Ning Muyas pun berbaik hati membantuku dan bersedia mencarikan materi yang berhubungan dengan tema dan mengirimkan melalui WA untuk memudahkan  aku menyelesaikan  tantangan. Tapi memang dari akunya yang kurang niat dan tidak mempunyai komitmen untuk menyelesaikannya sehingga aku tumbang ditengah jalan dan berhenti menulis.

Sebenarnya kalau niatnya benar-benar kuat untuk menulis, alasan apapun yang membuat tidak menulis akan begitu mudah ditepis. Tapi tidak dengan aku waktu itu, aku yang merasa kurang percaya diri akhirnya aku hanya menjadi silent reader di WAG berharap mampu seperti teman-teman yang mampu membuat tulisan yang bagus dan continue.

Tentang blog sebenarnya aku sudah buat di tahun 2011, mengisinya dengan beberapa puisi dan motivasi diri karena waktu itu aku suka banget nulis puisi. Namun karena kurang percaya diri dengan tulisanku akhirnya aku tidak pernah posting namun bukan berhenti menulis aku lebih memilih  menuangkan segala curahanku melalui buku harian, hingga tahun 2015 buku harian itu sudah ada 8 jilid buku dengan tebal dan model buku yang sama. Namun akhirnya aku harus membakarnya lantaran buku itu berisi tentang pengalaman pencarian jati diri dan tentang tujuan hidup yang sebenarnya belum aku pahami dengan baik lantaran aku salah kaprah belajar tanpa guru.

Tahun 2016, aku mulai membuat blog lagi dan mulai mencoba menulis reportase dan di kirim ke media cetak. Senang sekali waktu itu tulisanku pertama terbit di website dan esok harinya terbit di koran meski sebenarnya tulisanku masih jauh dari sempurna. Namun lagi-lagi, komitmenku untuk menulis dan menghidupkan blog kurang kuat sehingga blog tetap saja tak ada isinya. Dari bulan september 2018, beberapa kelas menulis sudah aku ikuti, berharap aku mendapat siraman motivasi untuk menulis, namun hingga di penghujung tahun 2018 aku belum maksimal mengikutinya.

Harapannya, tahun 2019 ini adalah langkah awal aku untuk lebih maksimal lagi belajar menulis. Aku yakin semua orang pasti bisa menulis namun untuk tetap konsisten menulis itu sangatlah tidak mudah, tidak semua orang mampu melakukannya. Maka, dengan harus dipaksa, aku harus lakukan ini berkomitmen pada diri sendiri bahwa aku harus menyelesaikan tantangan menulis 31 hari ini. Aku harus mampu menepis semua hal yang membuat aku gagal menakhlukkan tantangan ini. Bismillah aku yakin bisa menakhlukkan ODOP estrilook. Jika suatu saat  aku berhenti dan mulai tumbang ditengah jalan melalui tantangan ini, aku akan ingat bahwa hari ini, hari pertama ODOP estrilook aku telah berkomitmen untuk menyelesaikannya, maka malu rasanya jika aku berhenti.

Biarlah sedikit lebay, karena untuk kebaikan diri memang harus dipaksa agar nanti terbiasa. 

#Semangatbelajarmenulis
#yangpentingtulisdulu



Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community
#Day1

You Might Also Like

5 komentar

  1. Duh, aku terharu pean mulai menulis lagi. Kemarin pean juga menghadapi banyak hal yang nggak mudah. Semoga kali ini bisa terus konsisten ya.. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.
      mohon bimbingannya ning,,, karena sering meindernya kalau lihat tulisan temen-temen yag bagus makanya hastagnya yang penting tulis dulu.hehehe

      Hapus
  2. Salam kenal mb, samaa, saya kadang kurang konsisten. Ya semoga odop ini bisa, ya. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mb. yuk sama-sama semangat menakhlukkan ODOP. biar sama-sama dapet sertifikat dari bu founder Estrilook.

      Hapus
  3. Salam kenal mba..., semoga Allah mudahkan mba , semoga saya juga bisa konsisten menulis..

    BalasHapus